Wednesday, October 22, 2014

CSR ( Coorporate Sosial Responsibility ) Lifebouy

Kasus :
 Kampanye Cuci Tangan dnegan Sabun (Lifebuoy)
    Belum lama ini sabun lifebouy mengadakan kampanye untuk gerakan mencuci tangan dengan sabun . Hal ini dilakukan agar kesadaran masyarakat akan kesehatan meningkat , selain itu Pihak lifebouy juga membangun ratusan MCK dan Wastafel gratis di sekolah dan daerah tertinggal.

Teori CSR :
   Teori Stakeholder ( Stakeholder Theory). Stakeholder adalah semua pihak, internal maupun eksternal, dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Stakeholder merupakan pihak internal maupun eksternal, seperti : Pemerintah, perusahaan pesaing, masyarakat sekitar, lingkungan internasional, lembaga di luar perusahaan (LSM dan sejenisnya), lembaga pemerhati lingkungan, para pekerja perusahaan, kaum minoritas dan lain sebagainya keberadaannya sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perusahaan.
  Teori Legimitasi (Legitimacy Theory). Legitimasi masyarakat merupakan faktor strategis bagi perusahaan dalam rangka mengembangkan perusahaan ke depan. Hal itu dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengonstruksi strategi perusahaan, terutama terkait dengan upaya memposisikan diri di tengah lingkungan masyarakat semakin maju.
  Teori Kontrak Sosial (Social Contract Theory). Teori ini muncul karena adanya interelasi dalam kehidupan sosial masyarakat, agar terjadi keselarasan, keserasian, dan keseimbangan, termasuk dalam lingkungan.
   Teori Ekonomi Politik. Dua varian teori ekonomi politik: klasik (biasanya sebagian besar berhubungan dengan Marx) dan Bourgeois (biasanya sebagian besar berhubungan dengan John Stuart Mill dan ahli ekonomi berikutnya)

Analisis :
 Menurut saya dengan megadakan kegiatan seperti itu adalah sebuah langkah positif lifebouy untuk semakin menunjukan konsistensi nya di bidang kesehatan . Masyarakat semakin yakin bahwa produk lifebouy dapat membunuh kuman penyebab penyakit dan masyarakat menjadi merasa aman dan nyaman .

Refrensi :
www.unilever.co.id

No comments:

Post a Comment