Kasus :
Kampanye Cuci Tangan dnegan Sabun (Lifebuoy)
Belum lama ini sabun lifebouy mengadakan kampanye untuk gerakan mencuci tangan dengan sabun . Hal ini dilakukan agar kesadaran masyarakat akan kesehatan meningkat , selain itu Pihak lifebouy juga membangun ratusan MCK dan Wastafel gratis di sekolah dan daerah tertinggal.
Teori CSR :
Teori Stakeholder ( Stakeholder Theory). Stakeholder adalah semua pihak,
internal maupun eksternal, dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh
perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Stakeholder
merupakan pihak internal maupun eksternal, seperti : Pemerintah,
perusahaan pesaing, masyarakat sekitar, lingkungan internasional,
lembaga di luar perusahaan (LSM dan sejenisnya), lembaga pemerhati
lingkungan, para pekerja perusahaan, kaum minoritas dan lain sebagainya
keberadaannya sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perusahaan.
Teori Legimitasi (Legitimacy Theory). Legitimasi masyarakat merupakan
faktor strategis bagi perusahaan dalam rangka mengembangkan perusahaan
ke depan. Hal itu dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengonstruksi
strategi perusahaan, terutama terkait dengan upaya memposisikan diri di
tengah lingkungan masyarakat semakin maju.
Teori Kontrak Sosial (Social Contract Theory). Teori ini muncul karena
adanya interelasi dalam kehidupan sosial masyarakat, agar terjadi
keselarasan, keserasian, dan keseimbangan, termasuk dalam lingkungan.
Teori Ekonomi Politik. Dua varian teori ekonomi politik: klasik
(biasanya sebagian besar berhubungan dengan Marx) dan Bourgeois
(biasanya sebagian besar berhubungan dengan John Stuart Mill dan ahli
ekonomi berikutnya)
Analisis :
Menurut saya dengan megadakan kegiatan seperti itu adalah sebuah langkah positif lifebouy untuk semakin menunjukan konsistensi nya di bidang kesehatan . Masyarakat semakin yakin bahwa produk lifebouy dapat membunuh kuman penyebab penyakit dan masyarakat menjadi merasa aman dan nyaman .
Refrensi :
www.unilever.co.id
No comments:
Post a Comment