Monday, October 6, 2014

UPACARA NYADRAN DI MAGELANG

Selamat malam para pembaca . . .

Mengikuti Upacara Nyadaran di Magelang

Magelang adalah sebuah kota di jawa tengah , letak nya tak jauh dari jogyakarta . Kalian pasti tahu kan Candi Borobudur ?? ya itu berada di kota magelang . Magelang adalah satu - satu nya kota di Indonesia yang Ditengah kota nya terdapat gunung, yaitu  gunung Tidar . Secara budaya Magelang sangat erat dengan mataram atau jogya .

Saya sempat mencicipi pendidikan SMA saya di kota Magelang, saya tinggal disana selama 3 tahun , banyak budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik . Salah satu nya adalah nyadran.
 Nyadran  adalah suatu tradisi turun-temurun dalam masyarakat Jawa. Tradisi ini dilaksanakan kurang lebih satu minggu menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Nyadran berasal dari kata Sraddha yang berarti mengunjungi makam leluhur untuk membersihkan makam, menabur bunga dan mengabari datangnya bulan ramadhan.

 Hampir di setiap desa di magelang menggelar upacara nyadran , namun yang paling ramai dan terkenal adalah Nyadran Gupitan , yang kebetulan letaknya tak jauh dari tempat saya tinggal .Disetiap perayaannya Nyadran Gupitan  selalu dipadati oleh penduduk desa maupun luar desa .

Dalam pelaksanaan nya acara nyadran di mulai dengan ziarah makam ke makam kyai Condro Bumi , beliau merupakan salahsatu pangeran kerajaan maataram namun meninggal di magelang .  setelah itu masyarakat sekitar membawa makanan dan sesajen untuk di taruh di dekat makam , sebagian di makan bersama keluarga di halaman desa . acara ini sangat ramai , karena masih banyak di kalangan masyarakat daerah yang percaya akan Karomah dan Berkah jika mengikuti acara ini .
saya hampir selalu mengikuti acara ini walaupun hanya sekedar melihat" dan mencari pengalaman , hehe

No comments:

Post a Comment