Pengertiang struktur pasar
Adalah
penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri – ciri
seperti jenis produk yang dihasilkan, banyak nya perusahaan dalam industri,
mudah tidak nya keluar atau masuk dan jumlah penjual dalam satu area pasar .
Koperasi dalam persaingan sempurna
Persaingan
sempurna adalah struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli
ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna :
1.
Banyak penjual dan pembeli
2.
Produk yang dihasilkan perusahaan bersifat
homogen
3.
Perusahaan bebas keluar masuk pasar
4.
Para pembeli dan penjual mempunyai informasi
yang lengkap mengenai kondisi pasar, struktur harga dan kualitas barang.
Yang perlu
dicermati dari konsepsi pasar persaingan sempurna ini bagi koperasi sebagai
perusahaan di pasar global adalah :
1.
Total penerimaan koperasi hanya ditentukan oleh
jumlah produk yang dijual karma harga adalah konstan
2.
Harga pasar tidak dapat dikendalikan oleh
koperasi ataupun perusahaan lain secara perseorangan
3.
Perubahan harga pasar hanya terjadi karena
adanya perubahan pada kurva permintaan pasar atau pada kurva penawaran ataupun
karena kedua-duanya.
Oleh sebab itu
persaingan harga tidak cocok oleh para pelaku bisnis termasuk koperasi di pasar
persaingan sempurna.
Untuk mendapatkan keuntungan yang
lebih besar maka koperasi harus mampu bersaing dalam hal biaya.
Menurut konsepsi koperasi biaya
produksi akan dapat diminimumkan berdasarkan skala ekonomi baik sebagai
koperasi produsen mupun konsumen.
II. Koperasi Dalam Pasar
Monopoli
Pasar monopoli
adalah bentuk dari organisasi pasar dimana hanya ada satu perusahaan /penjual
suatu produk di pasar yang bersangkutan.
Ciri-ciri :
1.
Produk yang dijual tidak ada produk
substitusinya, artinya tidak dapat digantikan penggunanya oleh produk lain
2.
Konsumen banyak
3.
Memasuki industri yang menghasilkan produk
monopoli baik secara legal maupun alamiah sangat sulit bahkan tidak mngkin
Berdasarkan ciri tersebut
nampaknya sangat sulit bagi koperasi untuk menjadi pelaku monopoli dimasa yang
akan datang baik dalam cangkupan lokal, regional, dan nasional.
III. Koperasi Dalam Pasar
Persaingan Monopolistik
Pasar Persaingan
Monopolistik dapat diartikan sebagai pasar monopoli yang bersaing. Disimpulkan
bahwa pasar suatu produk dikatakan berada dalam keadaan persaingan monopolostik
apabila dalam pasar tersebut terdapat cirri-ciri pasar persaingan monopolistic.
Ciri-ciri:
1.
Banyak penjual dari suatu produk yang beragam
2.
produk tidak homogen
3.
ada produk substitusinya
4.
keluar masuk pasar relatif lebih mudah
5.
harga produk tidak sama disemua pasar
No comments:
Post a Comment