Thursday, November 29, 2012

LEBARAN DI DALAM BUS


                Assalamualaikum wr . wb , Hai sudah lama rasanya jemari ini tidak menari - nari diatas keyboard untuk membuat sebuah tulisan di blog yang sudah lama juga tak tersentuh hehe :)
Kali ini saya inngin berbagi cerita saat lebaran tahun 2012 kemarin , saya mempunyai pengalaman yang cukup mengesankan sekaligus sedikit mengecewakan ,penasaran ?? so .. simak cerita saya ya :)
Semua berawal dari niatan aku untuk " Mudik " saat lebaran , maklum karena sebelum nya aku hanya berlebaran di jakarta , hehe .Berangkat dari niat itulah , pada tanggal 15 agustus 2012 aku berangkat ke sebuah penjual (Agent ) tiket bus malam , sesampainya disana apa daya , ternyata tiket bus untuk jurusan ke Ponorogo ( daerah yang aku tuju ) sudah sold out hingga tanggal 19 . Ya ampun padahal lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 20 . Namun setelah itu kemudian aku pulang dan berbicang - bincang dengan seseorang teman yang sering atau rutin pulang mudik setiap kali lebaran tiba . Ia mengatakan bahwa biasanya mudik disaat malam Takbiran justru kita akan terbebas dari macet . Mendengar saran itu saya keesokan hari nya kembali mendatangi agent tiket untuk membeli sebuah tiket untuk tanggal 19 agustus 2012.Walau harga tiket yang melambung tinggi tidak seperti biasanya , namun semua itu sirna oleh semangat mudik yang sangat bergejolak di hati ku hehehhe :) . Ok masalah pembokingan tiket sudah teratasi , sekarang waktu ku untuk ber pepak -pepak ( bersiap - siap mengepaki barang ) apa saja yang akan ku bawa selama perjalanan nanti ,hemm tidak sabar rasanya kala itu untuk segera mudik :) .19 agustus waktu menunjukan pukul 15.00 aku sengaja datang 15 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan bus .Akhirnya tepat pukul 15 . 15 aku sudah berada di bus yang nyaman dan sesuai dengan harga tiketnya yang muahaalllll hehehehe :). Langsung saja aku memapankan duduk ku , dan tidur untuk beberapa menit , menujukkan pukul 16.00 wib seperti kita ketaui bersama biasanya kalau jam segitu saat dimana godaan orang yang sedang berpuasa itu sangat kuatt hehe (dibaca: lapar) , yup!! perut saya mulai mengeluarkan suara khasnya *kruyuk - kruyuk . Aku sengaja tidak membawa makanan di dalam bus karena biasanya bus sampai di rest area tepat pukul 18.00 , hemm  Namun apa mau dikata , baru saja bus yang aku tumpangi keluar dari tol cikampek , Antrian ribuan mobil dan bus sudah terlihat memanjang dan padat sekali , karena di tambah banyak nya pemudik yang memakai sepeda motor , Padat sekali padahal waktu untuk buka puasa tinggal 10 menit lagi , dan benar hingga adzan maghrib berseru , aku masih di dalam bus yang beranjak mungkin hanya 2 meter setelah 10 menit lalu , Alhamdulilah  , namun ada masalah , masalah nya aku harus berbuka dengan apa ??? sedangkan setetes minuman pun aku tak bawa,, wahh gaswat !! .. akhirnya aku memutuskan untuk meminta izin kernet bus untuk bisa turun dan membeli sebuah air mineral , kebetulan bus ku tidak beranjak dari posisinya yup! ini maceet totall , bahkan jakarta pun kalah , syukur alhamdulilah akhirnya aku bisa membatalkan puasa ku .8 jam sudah berlalu , dan bus yang aku tumpangi masih terjebak macet di daerah subang - indramayu , so tepat pukul 3 pagi bus sampai di  rest area pertama . !! wah benar - benar di luar dugaan jam 3 pagi biasanya bus sudah sampai daerah jawa tengah , namun sekarang baru sampai indramayu jawa barat. Perut yang sedari tadi kosong langsung aku isi dengan makanan prasmanan yang di sediakan pihak bus ,, perasaan ku campur aduk kala itu , aku terus - terusan berfikir kira - kira kapan aku sampai ke tempat tujuan ku ponorogo yang nota bene ada di provinsi jawa timur . huuu.... :(
pukul 3.30 bus melanjutkan perjalanan nya , dan alhamdulilah jalanan sudah tidak padat lagi , aku sedikit sumringah , semoga saja ada keaajaiban yang membuat jarak dari jawa barat ke jawa timur hanya 3 jam , hehe  karena aku takut kehilangan momen sholat ied yang walaupun sunah namun hadir nya 1 tahun sekali ,dan imajinasiku tentang keajaiban ku itu membuat aku terlelap hingga akhir nya aku terbangun pukul 06.00 sinar matahari dari ufuk barat membangunkan ku dengan sinarnya yang hangat dan menyilaukan .. hamparan sawah dan bukit indah di sepanjang jalan membuat ku tersadar aku sudah memasuki daerah jawa tengah ,, dan seketika aku melihat rombongan beberapa orang berpakaian koko rapi dan mukena , berjalan di pinggir jalan , mereka menuju ke masjid, hem gema takbir sangat membahana, namun apa mau di kata aku masih terdampar di sebuah bus yang menjadi korban kemacetan huhuhuhu :(
Aku harus ikhlas bahwa tahun ini tidak bisa mengikuti sholat ied  :)  ini konsekuensi dari apa yang aku pilih . Sepanjang perjalanan aku di manjakan oleh panorama alam perbukitan yang masih asri nan hijau ,,
hemm... sedikit mengobati rasa kekecewaan ku karena masih terjebak di dalam bus .Dan akhirnya aku sampai di ponorogo pukul 17.00 petang , wah bayangkan ,, hampir 26 jam aku harus duduk di dalam bus , pegall rasanya ,... Ya! aku melewatkan lebaran pertamaku di dalam bus , kecewa ? itu pasti , namun aku angggap sebagai pengalaman yang sangat berharga , karena di balik peristiwa pasti ada hikmah yang tersirat dan " Pengalaman adalah guru yang terbaik untuk kita "  ..



No comments:

Post a Comment